Minggu, 10 Desember 2017

Peduli Diri Dari Pancaroba





MusimPancaroba adalah musim dimana cuaca berubah-ubah. Musim ini dapat menimbulkan banyak penyakit karena virus dan bakteri dapat berkembang lebih banyak.Selain itu pengaruh dari musim pancaroba terhadap tubuh kita adalah sistem imunitas (Daya tahan tubuh) kita akan menurun, sehingga tubuh kita akan lebih mudah terserang penyakit.
Perubahan iklim/cuaca berdampak buruk bagi negara Indonesia. Saat memasuki musim dengan curah hujan yang tinggi banyak terjadi bencana alam, misalnya: kebanjiran di sejumlah tempat di Indonesia, Sawah para petani juga terendam banjir, menimbulkan bencana tanah longsor, para nelayan juga tidak dapat mencari ikan di laut akibat cuaca ekstreem.
a.      Penyakit-penyakit di musim Pancaroba
·   Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)
                        Infeksi Saluran Pernafasan akut ini sering terjadi pada musim pancaroba karena cuaca saat ekstrem kekebalan tubuh kita akan menurun, sehingga kita akan mudah sekali terkena flu, batuk, pilek juga radang tenggorokan
·   Diare
                        Diare juga dapat menyerang tubuh kita saat musim pancaroba karena saat musim seperti ini pertumbuhan bakteri Eschericia coli akan meningkat. bakteri inilah yang dapat membuat kita menjadi lebih sering BAB, jika terlalu dibiarkan maka tubuh kita akan kekurangan banyak cairan.
·   DBD (Demam Berdarah Dengue)
                        Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh virus Dengue ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. DBD banyak dijumpai terutama di daerah tropis dan sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB). Beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya DBD antara lain rendahnya status kekebalan kelompok masyarakat dan kepadatan populasi nyamuk penular karena banyaknya tempat perindukan nyamuk yang biasanya terjadi pada musim penghujan.
b.      Barang yang wajib dibawa saat musim pancaroba
·   Payung
Saat musim hujan kita sebaiknya membawa payung supayaa tidak kehujanan.
·   Kantong Plastik
Kantong plastik sangat bermanfaat saat musim seperti ini untuk menaruh barang berharga kita seperti hp, dompet, buku dll.
·   Vitamin
Untuk menjaga daya tahan tubuh kita sebaiknya kita perlu membawa vitamin
·   Jaket
Supaya tubuh kita tetap hangat sebaiknya kita perlu memakai jaket saat bepergian. Dan kalau bisa kita membawa pakaian ganti supaya jika baju kita basah kita tidak masuk angin.
·   Jas hujan
Jika kita bepergian menggunakan sepeda motor sebaiknya kita perlu membawa jas hujan supaya tubuh kita tidak basah.
·   minyak kayu putih
Minyak kayu putih atau semacamnya ini sangat bermanfaat karena dapat menghangatkan tubuh kita daat kedinginan.
c.       makanan/minuman yang dapat membantu untuk mengurangi penyakit saat pancaroba
·   Labu
Labu kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
·   Jahe
Jahe dapat menghangatkan tubuh kita dan dapat menenangkan sakit tenggorokan.
Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan merebus 4 ruas jahe merah dalam 4 gelas air. Sebelum dihidangkan, tambahkan gula aren juga agar rasanya lebih nikmat
·   Lemon dan madu
Kasiat dari lemon dan madu adalah dapat menghilangkan nyeri saat radang tenggorokan.
Cara membuat minuman ini sederhana. Cukup siapkan saja 2 buah lemon dengan madu secukupnya. Selanjutnya, peras lemon dan pisahkan airnya. Kemudian campurkan hasil perasan lemon tersebut dengan madu. Terakhir, seduh dengan air hangat agar tenggorokan lebih mudah menerima minuman ini.
·   Air rebusan Cengkeh
Cara membuatnya cukup mudah. Rebus cengkeh secukupnya dalam air. Untuk menyajikannya tambah gula jawa agar rasa dan aroma minuman lebih enak
Daftar Pustaka
www.depkes.go.id Waspada DBD Di Musim Pancaroba, Dipublikasikan pada : Kamis, 25 Desember 2014 00:00:00

1 komentar:

Peduli Diri Dari Pancaroba

MusimPancaroba adalah musim dimana cuaca berubah-ubah. Musim ini dapat menimbulkan banyak penyakit karena virus dan bakteri da...